Pengertian Segmentasi Pasar dan Manfaat Segmentasi Pasar

Pembahasan kali ini tentang segmentasi pasar dalam sales and marketing , hal ini saya rasa sangat berpengaruh terhadap suatu bisnis . yang saya bahas disini mulai dari pengertian, faktor penerapan sampai dengan manfaat segmentasi pasar itu sendiri..okeyy langsung ke pokok pembahasan..
Pengertian Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Faktor Penetapan Segmentasi Pasar

Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
1.Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
2.Variabel geografi (wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim)
3.Variabel demograf (iumur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan)
4.Variabel psikologis (kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian).
5.Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan. sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Syarat dalam segmentasi pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
1.Dapat diukur
2.Dapat dicapai
3.Cukup besar atau cukup menguntungkan
4.Dapat dibedakan
5.Dapat dilaksanakan

Tingkatan dalam segmentasi pasar

Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Manfaat Segmentasi Pasar

1.Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
2.Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
3.Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.

0 Response to "Pengertian Segmentasi Pasar dan Manfaat Segmentasi Pasar"

Posting Komentar

tips

Translate